Batam, 21 Juni 2025 – Sudah tiga dekade, Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam memberikan perlindungan dan rasa aman bagi jutaan pelanggan di Indonesia. Garda Oto senantiasa berkomitmen menghadirkan layanan terbaik demi memenuhi kebutuhan akan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Perjalanan ini tentunya tidak terlepas dari dukungan para pelanggan setia. Oleh karena itu, sebagai ungkapan rasa terima kasih atas loyalitas pelanggan sekaligus perayaan tiga dekade perjalanan, Garda Oto berkolaborasi bersama Agung Toyota mengajak pelanggan beserta keluarga melakukan penanaman 3.000 bibit pohon Mangrove dan pembuatan kerajinan salah satu produk UMKM Kampung Berseri Astra (KBA) Tua Bakau Serip di acara Customer Gathering Garda Oto 30th Anniversary di Batam (22/6). Bibit pohon Mangrove yang ditanam kali ini merupakan hasil donasi pelanggan yang telah ikut serta mengikuti program berkelanjutan, Beli Polis Garda Oto = Donasi 1 Pohon periode 1 – 31 Mei 2025.
Memasuki usia yang dewasa, Garda Oto telah menjadi saksi sekaligus bagian dari berbagai dinamika dan perubahan zaman, mulai dari perkembangan teknologi, transformasi gaya hidup, hingga tantangan mobilitas yang terus berkembang. Dengan komitmen peace of mind, Garda Oto setia mendampingi perjalanan para pelanggan, menjadikannya bukan hanya sebagai produk perlindungan kendaraan, tetapi juga sebagai mitra andalan yang selalu dapat dipercaya di setiap perjalanan. Tak sekadar memberikan perlindungan melalui layanan asuransi, Garda Oto juga berkomitmen untuk melangkah bersama dalam menciptakan dampak positif bagi lingkungan. Tak kurang dari 3.000 bibit pohon Mangrove yang terdiri atas 2.000 bibit pohon dari Garda Oto dan 1.000 bibit pohon dari Agung Toyota ditanam di KBA Tua Bakau Serip, Batam. Kegiatan ini menjadi wujud nyata dukungan Asuransi Astra terhadap target Astra Net Zero Scope 1 dan 2 pada 2050, serta sejalan dengan SDGs poin 13 yakni Penanganan Perubahan Iklim (Climate Action). Selain itu, berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) wilayah Batam mencatat penurunan luas hutan Mangrove dari 6.527 hektare pada 2015 menjadi 4.820 hektare pada 2023, dengan kawasan Tua Bakau Serip sebagai salah satu area terdampak yang ternyata diakibatkan oleh pembangunan. Kondisi ini menunjukkan pentingnya pelestarian Mangrove sebagai upaya penyerapan dan penyimpanan karbon dalam jumlah besar, perlindungan iklim, pencegah abrasi, serta penopang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pesisir yang bergantung pada ekosistem tersebut.
Melihat dari banyaknya manfaat pelestarian Mangrove, Agung Toyota sangat terbuka untuk menjalin kolaborasi penanaman bibit pohon Mangrove dengan Gardo Oto. Hal yang mendasari terciptanya kolaborasi ini adalah bahwa tujuan dari penanaman bibit Mangrove yang sejalan dengan program CSR Agung Toyota sebagai member of Agung Concern Group yang tidak hanya fokus pada bisnis, namun ingin mewujudkan kepedulian sosial melalui program CSR, ke dalam nilai-nilai perusahaan yang terbagi menjadi 4 pilar utama, yaitu kesehatan, sosial, pendidikan dan lingkungan. Kolaborasi ini merupakan bagian dari inisiatif Agung Concern Group yang menyasar pelestarian lingkungan. Untuk itu, kami mengajak seluruh pihak untuk terus merawat apa yang telah ditanam, dan menjaga apa yang telah dimulai. Semoga kolaborasi ini menjadi awal dari lebih banyak inisiatif serupa di masa depan, demi keberlangsungan lingkungan yang lebih baik.” Ujar Daning Nursilasari, General Marketing Manager Agung Toyota.
Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pembuatan kerajinan tangan berupa piring dari anyaman, yang merupakan hasil karya salah satu pelaku UMKM lokal dari KBA Tua Bakau Serip. Dalam sesi ini, peserta diajak terlibat langsung dalam proses kreatif yang mengedepankan prinsip keberlanjutan, sekaligus mendukung praktik ramah lingkungan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat. Melalui kegiatan ini, diharapkan tumbuh kesadaran kolektif akan pentingnya kontribusi individu dalam menjaga bumi, sekaligus mengapresiasi potensi lokal yang berkelanjutan. Sejalan dengan Garda Oto dalam menciptakan pengalaman yang memorable di setiap touch point dengan pelanggan, kegiatan ini juga dilengkapi dengan aktivitas di Elite Seasport, Batam, di mana para pelanggan diajak untuk menikmati berbagai aktivitas seru bersama keluarga di tepi laut, seperti olahraga air, permainan pantai, hingga bersantai menikmati hidangan.
“30 tahun bukanlah sekadar angka, tetapi simbol dari kepercayaan yang telah diberikan oleh jutaan pelanggan dan dukungan luar biasa dari rekan media. Hari ini, kami bukan hanya merayakan usia, tetapi juga menghargai setiap cerita yang menginspirasi, setiap masukan, dan setiap dukungan untuk terus tumbuh dan berkembang. Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran pelanggan pada kegiatan hari ini. Semoga kegiatan kolaborasi ini dapat memberikan manfaat nyata secara berkesinambungan untuk berbagai pihak dan mewujudkan lingkungan berkelanjutan di KBA Tua Bakau Serip, Batam. Karena di mana pun kami berada, kami ingin selalu berbagi, memberi manfaat baik dari generasi ke generasi. ” ujar Laurentius Iwan Pranoto, Head of PR, Marcomm, and Event Asuransi Astra.
Untuk merayakan perjalanan tiga dekade sekaligus meningkatkan literasi dan edukasi keuangan di Indonesia, Garda Oto mengajak jurnalis tanah air untuk ikut serta dalam lomba jurnalistik artikel dan foto; Apresiasi Pewarta Asuransi Astra 2025 dengan tema “Perjalanan Tiga Dekade Garda Oto: Dari Komitmen dan Inovasi Menjadi Kepercayaan Bangsa yang Penuh Arti” yang berlangsung dari Juni hingga September 2025.
Tentang Asuransi Astra
Asuransi Astra adalah perusahaan asuransi umum yang telah berdiri dan melayani pelanggan sejak 12 September 1956. Asuransi Astra merupakan entitas utama konglomerasi keuangan Astra serta mendapatkan peringkat kredit Excellent dari AM Best dan peringkat Indonesian National Scale Rating aaa.ID (Exceptional). Perusahaan yang dikenal dengan produk asuransi kendaraan bermotor Garda Oto ini hadir melayani pelanggan melalui jaringan layanan yang tersebar di 29 kantor cabang, serta Unit layanan dan Garda Center yang terus berkembang. Selain asuransi kendaraan bermotor, produk lain dari Asuransi Astra antara lain adalah asuransi industri pertambangan, asuransi industri agribisnis, asuransi properti ruko, asuransi SPBU, asuransi syariah, asuransi kesehatan korporasi Garda Medika, dan asuransi kesehatan perorangan Garda Healthtech. Asuransi Astra juga memiliki asuransi yang dapat dibeli secara online di Gardaoto.com seperti Garda Me, Garda Edu, Garda Home, dan Garda Trip.
Pada 2024, Asuransi Astra berhasil membukukan Premi Bruto sebesar Rp 7.90 triliun.
Kinerja Asuransi Astra selama ini pun telah diakui dengan berbagai penghargaan yang telah diterima, diantaranya: Indonesia CSR Award (2022-2023), Top CSR Award (2022-2023), Indonesia Excellence Good Corporate Governance Award (2022-2024), Contact Center Service Excellence Award (2013-2022, 2024), Service Quality Award (2007-2013, 2015-2018, 2022-2024), Product & Services of The Year (2023), Asuransi Terbaik (2014, 2020-2023), ), Infobank Insurance Award (2008-2016, 2017-2023), Insurance Market Leader (2019-2023), Bisnis Indonesia Financial Award (2023), Indonesia Most Popular Digital Financial Award (2020-2024), OMNI Brands of The Year (2019-2023), Marketeer of The Year (2018-2019, 2023), Best Chief Financial Officer Award (2022-2023), Marketing Award (2018, 2023), Top Brand Award (2007-2024), Indonesia Best Brand Award (2002-2023), Corporate Image Award (2007-2013, 2015-2023), Indonesia Original Brand Award (2015 – 2023), WOW Brand Award (2023-2024), Indonesia PR of The Year (2021-2023), Marketeers Editor’s Choice Award (2018-2023), Perhumas PR Excellence Award (2022-2023), PR Indonesia Award (2024), Indonesia Industry Leadership Award (2023), Astra Corporate Affairs Award (2020-2023), Indonesia Human Capital Award (2024).
Dengan dukungan cabang dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia, layanan terbaik dan sederet pencapaian prestasi tersebut, tentunya tidak menghentikan langkah inovasi Asuransi Astra melalui produk-produk yang terbangun dari semangat baru Asuransi Astra untuk selalu memberikan kenyamanan dan ketenteraman bagi setiap pelanggan. Karenanya, Asuransi Astra akan menginvestasikan waktu dan upaya agar Anda selalu tersenyum. “Peace of Mind to Millions” adalah hasil yang akan Asuransi Astra berikan kepada setiap pelanggan.
Tentang Agung Concern Group
Sebagai holding company, Agung Concern Group yang berdiri sejak tahun 1954, memiliki 4 lini bisnis, yaitu otomotif, services, logistik, teknologi, dan property dengan menaungi lebih dari 14 anak usahanya yang tersebar di seluruh Indonesia. Membangun brand-brand besar pada tiap lini bisnisnya seperti Agung Toyota (Otomotif), Agung Logistik (Logistik), Agung Rent (Service) dan Miota (Teknologi). Agung Concern Group menerapkan value INCREDIBLE (Integrity, Respect, Collaboration, & Courage) sebagai nilai-nilai perusahaan. dimana perusahaan menjunjung tinggi kemitraan yang didasari semangat kekeluargaan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Agung Concern Group melalui kelompok unit bisnis multisektornya aktif melaksanakan program-program keberlanjutan dan berkontribusi dalam memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan negara melalui serangkaian aksi kepedulian yang terbagi dalam pilar kesehatan, sosial, pendidikan dan lingkungan.
Comments (0)